Minggu, 16 Oktober 2011

Untuk Apa Anda Membuat Website ??



Dalam membuat sebuah website ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulainya.

Pertama, Anda bisa mengajukan sebuah pertanyaan kepada diri Anda sendiri yaitu “Apa tujuan Saya membuat website?” dengan menjawab pertanyaan tersebut dapat mengarahkan pikiran Anda untuk menentukan dan menjawab pertanyaan selanjutnya yaitu,
Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara membuat websitenya.”

Mengapa dimulai dengan mengajukan pertanyaan tersebut? Karena diharapkan nantinya website yang kita buat sesuai dengan yang kita inginkan dan bisa membawa kita mencapai tujuan yang kita inginkan dalam membuat website. Jangan sampai website sudah selesai Anda buat tetapi website yang Anda buat tidak sesuai dan tidak bisa menjadi media atau sarana untuk mencapai tujuan Anda.

Perlu Anda ketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut juga blog atau weblog (website blog), ada yang menggunakan sistem CMS (Content Management System) seperti joomla, ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, ada yang berupa website toko online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas friendster.

Anda perlu memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum Anda membuat website. Sehingga nanti Anda bisa memutuskan website seperti apa yang paling cocok dan sesuai untuk mencapai tujuan Anda. Karena masing-masing jenis website yang saya sampaikan diatas memiliki fungsi yang berbeda beda.

Contoh bila Anda ingin menjual berbagai macam produk, Anda membuat website toko online; bila Anda ingin menjual satu jenis produk saja bisa dengan satu halaman sederhana saja atau lengkap dengan menggunakan sistem pemesanannya; bila Anda ingin membuat website portal Anda bisa menggunakan Joomla; bila Anda ingin membangun branding dan mempublikasikan artikel bisa menggunakan blog; dan lain-lainnya.

Jadi bisa saya rangkumkan 3 pertanyaan tersebut yaitu:

• Apa tujuan Saya membuat website?

• Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut?

• Bagaimana cara membuat website tersebut?

Tuliskanlah jawaban tersebut dalam selembar kertas, dan jabarkanlah sedetail mungkin, bila perlu Anda bisa membuat sketsa website yang Anda inginkan atau bila Anda tidak memiliki gambaran sama sekali, Anda bisa googling (search) di internet untuk melihat-lihat websitewebsite yang sudah ada.

Anda googling dengan topik tertentu sesuai dengan website seperti apa yang akan Anda buat, sehingga Anda bisa mengecek website-website lainnya menggunakan software website jenis seperti apa? Anda bisa menirunya, meniru BUKAN berarti Anda mengcopy isinya, tapi Anda meniru jenis websitenya (software website yang digunakan untuk membuat website tersebut).

  

16 komentar:

  1. wah mantap nih artikel nya, lama tak jumpa ternyata udah ganti kulit nih

    BalasHapus
  2. good information

    BalasHapus
  3. kagak ada 7an yg pntg ngeblog :D

    BalasHapus
  4. Wah saya belum sampai pikiran arah situ,seharusnya memang perlu tema blog yang sesuai karakter blog kita.Nice post Gan,makasih infonya.Happy blogging ajah.

    BalasHapus
  5. Kunjungan silaturahmi malam sahabat di kebarongan...
    Terima kasih telah berbagi pengetahuannya ini
    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  6. Ternyata kalau dikupas bisa jadi seperti itu yah sobat..
    Belajar banyak di sini

    BalasHapus
  7. membuat website masih terasa sulit gan buatku
    mending numpang ke blog gratisan untuk sementara sambil belajar

    BalasHapus
  8. heheh kalau ane gimana yah bingung mau ngomong apa :)

    nice share

    BalasHapus
  9. Kalau saya untuk menuangkan ide dan tulisan. Bukan untuk siapa-siapa tapi untuk file diri sendiri...(kali aja bermanfaat saat dibuka suatu saat nanti)

    BalasHapus
  10. KUNJUNGAN PERDANA OM, DI TUNGGU KUNJUNGAN BALIKNYA

    BalasHapus
  11. Aslmkum, wah jadi bertanya2 pada diri sendiri, yg pasti buat nambah ilmu dan pngalaman klo buat saya. Tapi bener juga klo direncanakan mungkin jadi lebih baik sesuai harapan... tampilannya gress mas bagus

    BalasHapus
  12. kalau daku buat blog,pertama ikut-ikutan aja,ehh malah keterusan,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  13. mantab bro.. tapi klo mau buat web agak susah.. hehehe..

    BalasHapus
  14. Ternyata kalau dikupas bisa jadi seperti itu yah sobat

    BalasHapus
  15. Kunjungan silaturahmi malam sahabat di kebarongan

    BalasHapus
  16. salam kenal dari kami sobat

    BalasHapus

Suatu kehormatan bagi Kebarongan jika anda mau meninggalkan komentar. Tanpa Moderasi, maupun Verifikasi untuk kenyamanan anda menyampaikan komentar baik kritikan, usulan, saran, maupun pujian.