Rabu, 25 Agustus 2010

PANDUAN CARA MEMBUAT BLOG BAGI PEMULA

            PENGANTAR


Blog atau weblog adalah tren gaya hidup digital yang hari demi hari kian berkembang. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan.Berikut ini adalah asumsi yang digunakan sebelum Anda mulai membuat blog, yaitu Anda sudah memiliki
account e-mail, terkoneksi dengan Internet saat mengerjakan blog, bisa menggunakan program Notepad atau text editor lainnya, memahami istilah dan penggunaan copy atau paste.
Terakhir, sediakan bahan-bahan terlebih dahulu untuk memudahkan pengerjaannya. Misalnya, foto-foto, tulisan yang pernah Anda buat sebelumnya, daftar alamat blog atau situs yang hendak Anda pasang dan tentu saja, nama blog Anda kelak. Ingat, semua panduan disini bersifat mendasar. Segala variasi dan pengembangan bisa Anda lakukan sendiri kemudian, dengan sumber lain di Internet yang banyak tersedia. Jangan ragu saling kontak sesame blogger (pemilik blog), semua blogger pasti bersedia share ilmunya.


MEMBUAT ACCOUNT

Pertama, buka blogger.com, kemudian klik “Create Your Blog Now”! Akan muncul sebuah halaman  berisi form seperti form pendaftaran e-mail. Isi semua kolom yang ada, dan klik “Continue”. Lengkapi semua kolom di halaman berikutnya hingga selesai.
Saat pendaftaran, Anda akan diberikan beberapa pilihan template atau desain standar. Pilih salah satu dan klik “Continue”. Setelah selesai proses pembuatan account ini, Anda bisa segera memulai posting atau mengisi blog.


MENGISI BLOG

Pertama, log in <www.blogger.com>
Masukkan username serta password, lalu klik “New Post” untuk mengisi blog Anda.

Halaman untuk memasukkan posting baru:
Ketik judul dan isinya pada kolom-kolom yang tersedia dan gunakan tombol-tombol di bagian atas kolom isi posting atau gunakan perintah tombol yang tertulis di bagian bawah kolom posting. Misalnya, untuk menebalkan suatu kata, member link pada sebuah kata dan lain sebagainya. Mubarak! Anda kini telah memiliki blog.


MENGEDIT DESAIN ATAU TEMPLATE

Setelah blog Anda selesai, mungkin Anda ingin untuk mengganti desainnya. Ada banyak template atau desain blog yang tersedia gratis di Internet. Salah satunya yang bisa digunakan adalah desain dari <http://bloggertemplates.blogspot.com/>. Pertama log in ke <www.blogger.com>, masukkan username dan password. Kemudian klik “Change Setting”.
Buka <http://bloggertemplates.blogspot.com/> Pilih desain yang Anda inginkan dengan mengklik arsip per bulan yang ada di sebelah kanan. Misalnya Anda ingin menggunakan desain “Sunflower”.
Klik “Get the Code” pada bagian bawah gambar desain “Sunflower”. Akan muncul sebuah halaman berisi kode desain “Sunflower”.
Klik “Select All” pada bagian bawah kolom yang berisi kode desain tersebut.
Kemudian klik kanan pada teks yang sudah tersorot, dan klik “Copy”.
Sementara itu, buka dan log in <www.blogger.com> di window yang lain.
Klik “Change Setting” dan klik “Template”.
Pada window yang Template terbuka ini, sorot semua yang ada di dalam kolom dan “Delete”.
Kemudian klik “Paste”, dilanjutkan dengan klik tombol berwarna orange di bagian bawah. Tunggu hingga proses upload selesai.
Lalu klik tombol “Republish Entire Blog”.
Lihat hasilnya dengan mengklik tombol “Open in New Window” pada halaman setelah “Republish Entire Blog”.
Tentukan bagian mana saja yang hendak Anda ubah. Caranya, masuk kembali ke bagian “Template” pada <www.blogger.com> dan cari bagian yang hendak diganti, kemudian klik tombol oranye di bagian bawah.
Jangan takut mencoba. Toh, Anda bisa memulainya sejak awal dengan cepat.


MELETAKKAN GAMBAR

Salah satu kesulitan yang sering dialami oleh pemilik blog –terutama yang gratis adalah meletakkan gambar ke dalam blog. Baiklah, Anda bisa mencobanya dengan cara sederhana dan gratis.
     =Buka situs <www.photobucket.com>
     =Klik sign up, isi formulir yang tersedia hingga selesai
     =Photobucket kemudian akan mengirimkan kode notifikasi yang bisa Anda   gunakan untuk log in
     =Buka e-mail Anda untuk melihat kode aktifasi account baru di <www.photobucket.com>
     =Ada sebuah link yang diberikan, dan kliklah untuk mengaktifkan account Anda tersebut
     =Kemudian log in ke <www.photobucket.com>, dan Anda akan berhadapan dengan halaman penempatan foto
     =Klik “Browse” dan pilih foto yang hendak Anda pasang diblog
     =Klik tombol “Submit” di bagian bawah tombol “Browse”
     =Ulangi lagi jika ada beberapa foto yang hendak Anda pasang
     =Setelah foto terpasang, pilih yang hendak Anda pasang pada blog
     =Sorot “Tag Code” di bagian itu, lalu “Copy”
     =Silakan “Paste” tag ke dalam blog Anda, bisa di bagian posting atau template. Sesuaikan dengan keinginan Anda.

Jangan lupa, klik tombol oranye setiap selesai posting atau edit template. Khusus foto, usahakan ukuran foto tidak lebih dari 50 KB, supaya blog mudah dan cepat diakses. Jika ukuran besar, convert-lah terlebih dahulu menggunakan Photoshop atau ACDSee.




                            =========(0)==========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suatu kehormatan bagi Kebarongan jika anda mau meninggalkan komentar. Tanpa Moderasi, maupun Verifikasi untuk kenyamanan anda menyampaikan komentar baik kritikan, usulan, saran, maupun pujian.