Minggu, 01 Agustus 2010

KEBARONGAN SELAYANG PANDANG

Kebarongan adalah sebuah desa yang terletak di sebelah selatan kota Banyumas. Desa Kebarongan masih masuk dalam Kecamatan Kemranjen dan Kabupaten Banyumas.
Sebagai desa yang asri dengan mayoritas penduduknya sebagai petani, dan keramah tamahan penduduknya membuat semakin nyaman untuk tetap berlama-lama tinggal di desa Kebarongan.


Dilihat dari letak geografisnya Kebarongan sungguh indah, disebelah utara berbaris pegunungan yang melintang dari arah barat ketimur, sedangkan sebelah selatan adalah hamparan luas sawah para petani.


Kebarongan yang begitu luas terbagi beberapa Grumbul (bagian-bagian kelompok masyarakat) yang dalam kesehariannya hidup berdampingan. Nama-nama Grumbul tersebut antara lain:
Sumur Amba
Pringtali
Ngasinan
Magangan
Tanggulasih
Teleng
Tipar dan mungkin masih ada lagi.

Dalam hal Religi (Agama) Kebarongan bisa dikatakan sebagai "Kota Santri", tak berlebihan jika dijuluki sebagai kota santri karena di Kebarongan terdapat sebuah pondok Pesantren yang cukup punya nama yaitu MWI Kebarongan (Madrasah Wathoniyah Islamiyah). Dan juga terdapat yayasan Nadhiriyah yang mendirikan sekolah MI dan SMP Salafiyah.

Demikian selayang pandang tentang desa Kebarongan.




                                      ----------0----------

3 komentar:

  1. tampilkan yang baru pak ya, nanti saya share juga tentang kota jeparaku.biar nambahin semangat bloggingnya

    BalasHapus
  2. hebat nih kota..islami banget..like this!hehe..jangan lupa jga komen balik di blogku ya

    BalasHapus
  3. tolong dilink blog saya, makasih

    BalasHapus

Suatu kehormatan bagi Kebarongan jika anda mau meninggalkan komentar. Tanpa Moderasi, maupun Verifikasi untuk kenyamanan anda menyampaikan komentar baik kritikan, usulan, saran, maupun pujian.