Kamis, 21 Oktober 2010

Kasiat Kangkung





Tanaman kangkung siapa yang tidak mengenalnya. Tanaman ini sudah lama dikonsumsiorang sebagai sayuran. Kangkung dikenal orang karena diyakini mengandung kadar zat besi yang cukup tinggi. Dan berikut berbagai macam kegunaan kangkung disamping untuk sayuran, dan ternyata masih banyak orang yang belum menetahuinya.

 Kangkung yang mempunyai panjang30-50cm, merambat pada lumpur, tempat-tempat yang basah seperti ditepi kali, rawa-rawa atau terapung diatas air. Dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.000 m diatas permukaan laut. Batangnya beruas dan berongga,daun tunggal dengan tangkai panjang yang tumbuh berseling, bentuk daun segitiga memanjangdengan warna hijau tuapada permukaan atas dan hijau muda di bagian bawah. Tepi rata pangkal berbentuk baji dengan ujung runcing, panjang 6-15 cm, lebar 1-9 cm. Karangan bunga keluar dari ketiak daun, bunganya tumbuh tegak, bentuknya seperi corong, mahkota bunga berwarna ungumudadengan tepi pucat atau putih. Berbuah kotak dengan bentuk bulat telur, berbiji 2-4. Daun dan batangnya dimakan sebagai sayuran.

            

Manfaat Lain

Keracunan Makanan
 500-1000 gr akar kangkung segar atau seluruh tanaman setelah dicuci bersih dan dibilas dengan air matang, ditumbuk dan diperas airnya, minum untuk memperkuat efek pengobatan dapat disertai dengan 120 gr kacang hijau dan 30 gr kayu manis digodok dengan air bersih.

Mimisan 
509 gr kangkung segar setelah dicuci bersih ditambah gula secukupnya, digiling halus kemudian diseduh dengan air panas, setelah dingin disaring lalu dimiunum. 

Kencing Nanah / Berdarah
 500 gr kangkung segar setelah dicuci bersih dibilas dengan air matang di jus atau digiling halus dan diperas airnya, ditambahkan madu secukupnya lalu diminum. 

Wasir
 3/4 genggam akar kangkung dicucibersih lalu digodok dengan3 gelas air sampai tersisa 1/2nya, diminum setelah dingin sehari 2kali 3/4 gelas

Susah Tidur / Sembelit 
Batang dan daun kangkung secukupnya, direbus dan dimakan sebagai lalap atau ditumis dimakan bersama nasi 2 x sehari.

Kapalan 
Bagian yang menebal dioleskan dengan getah kangkung berulang-ulang, lakukan setiap hari.

Sakit Gusi 
200 gr akar kangkung setelah dicuci bersih digodok dengan 200 cc air dan 200 cc cuka hangat- hangat dipakai kumur-kumur. Lakukan berulang-ulanh.

Digigit Lipan
Kangkung segar secukupnya setelah dicuci ditambah dengan garam secukupnya digiling halus dan dioleskan ke yang terasa sakit.




Sumber : Tanaman berkasiat obat Indonesia Jilid II



2 komentar:

Suatu kehormatan bagi Kebarongan jika anda mau meninggalkan komentar. Tanpa Moderasi, maupun Verifikasi untuk kenyamanan anda menyampaikan komentar baik kritikan, usulan, saran, maupun pujian.